Aplikasi SimPADU-PMI Sebagai Pelindung Pekerja Migran

16 Feb 2019

Indonesiaberinovasi.com, SURABAYA - Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi (Disnakertrans) Provinsi Jawa Timur (Jatim) melalui UPT P3TKI, per tanggal 19 Februari 2018 mulai meluncurkan sebuah aplikasi layanan Sarana Informasi dan Pelayanan Terpadu Pekerja Migran Indonesia (simPADU-PMI).

Inovasi ini merupakan satu dari beberapa sarana dan ruang yang sedang didesain, sebagai Program Jangka Panjang Teras Layanan PTSP (Pelayanan Terpadu Satu Pintu) di Jatim.

Setiajit, Kepala Dinas Tenaga Kerja dan Transmigrasi Prov. Jatim mengatakan, layanan ini bertujuan menyebarkan dan mendorong peningkatan PMI asal Jatim pada Jabatan Formal. Diharapkan jumlahnya mencapai 30% dari total penempatan PMI Jatim.

Aplikasi ini juga untuk mengantisipasi dilaksanakannya UU 18 tahun 2017, tentang pelindungan PMI yang mengamanatkan pelayanan dan perlindungan yang optimal.

Info aplikasi ini bisa di klik di disnakertrans.jatimprov.go.id, P3tki-jatim.go.id dan www.infokerja-jatim.com. Sasaran utamanya menyediakan informasi dan layanan konsultasi bagi calon PMI, yang dulu disebut TKI, di jabatan formal.

Calon PMI atau masyarakat selain bisa menggunakan aplikasi tersebut, juga bisa mendatangi langsung di Jl. Bendul Merisi 2 Surabaya, Jatim. Sekaligus dapat mengurus dokumen-dokumennya di 7 (tujuh) instasi di Pelayanan Terpadu Satu Pintu (PTSP).

"Semoga dengan aplikasi ini mampu meningkatkan penempatan PMI di jabatan formal, lebih sejahtera dan bermartabat," pungkas Setiajit.

Foto : Istimewa

KOMENTAR
Rating
Jawa Timur - Kota Surabaya
Terkini
Inilah Cara Pemerintah Dorong Inovasi Pembiayaan I ...
21/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?
12/03/2019 :: Dki Jakarta - Kab Kepulauan Seribu
Inovasi Pembiayaan Infrastruktur Daerah
11/03/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor ...
28/02/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Inovasi Energi Terbarukan dari Kabupaten Muba
27/02/2019 :: Sumatera Selatan - Kab Musi Banyuasin