Demi Kebangkitan dan Kemajuan Desa, Direktur PMD Himbau Gerakan Inovasi Desa

09 Apr 2019

Indonesiaberinovasi.com, BANDUNG – Demi mewujudkan kebangkitan dan kemajuan, Direktur PMD, Kementerian Desa PDTT, M Fachri menghimbau seluruh stakeholder, khususnya Pendamping Desa melakukan gerakan inovasi desa.

"Mewujudkan Desa  Inovatif merupakan tugas dan tanggungjawab mulia bagi seluruh  stakehokder, khususnya pendamping Desa dalam konteks pengawalan penggunaan Dana Desa," ujar M. Fachri.

Fachri menjelaskan, gerakan tersebut mustinya dilakukan secara terus-menerus sehingga dapat  mempercepat capaian cita-cita bersama dalam berdesa, yakni kemajuan, kemandirian dan kemakmuran masyarakat.

Sebab, program Dana Desa yang digelontorkan oleh Presiden Jokowi sejak 2015 tersebut terbukti telah mendorong pembangunan dan kemajuan Desa secara massif sekaligus dibutuhkan sentuhan kreatif dan inovatif dari para Pegiat Desa dan masyarakat secara bersama-sama dan berkelanjutan.

Ia berharap agar seluruh Pendamping Desa dapat lebih maksimalkan gerakan inovasi  Desa dalam penggunaan Dana Desa menuju kebangkitan dan kemajuan Desa, terutama di Jawa Barat ini, baik aspek infrastruktur dasar dan teknologi tepat guna, pengembangan aspek kewirausahaan maupun pengembangan Sumber Daya Manusia.

“Forum ini menjadi wadah kita untuk saling berinteraksi, sharing ilmu pengetahuan dan pengalaman guna mendorong peningkatan kualitas pemanfaatan Dana Desa melalui Program Inovasi Desa yang ditetapkan oleh Kementrian Desa, PDTT”, jelas Fachri.

Selain itu, ia menekankan agar pengelolaan anggaran yang mendukung program inovasi desa yang akan diterima oleh Tim Inovasi Kabupaten (TIK) dan Tim Pelaksana Inovasi Desa (TPID) di tingkat kecamatan dapat digunakan dengan baik, sesuai dengan petunjuk teknisnya dan dapat dipertanggung jawabkan.

“Pemerintah tidak hanya memberikan perintah, tapi juga memberikan regulasi, referensi dan success story inovasi pembangunan desa untuk dilakukan replikasi oleh Desa-desa. Tujuannya untuk mempercepat  pertumbuhan dan pemerataan ekonomi serta disfaritas antar Desa serta peningkatan kesejahteraan masyarakat secara  berkelanjutan,” ujarnya.

KOMENTAR
Rating
Jawa Barat - Kab Bandung
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan