Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan Industri Kelapa Sawit di Bengkulu

11 Apr 2019

Indonesiaberinovasi.com, BENGKULU – Gubernur Bengkulu Rohidin Mersyah mengungkapkan daya saing usaha akan semakin baik jika efisiensi dan produktifitasnya meningkat. Pasalnya, kedua hal ini bisa dilakukan dengan syarat adanya inovasi dan penerapan teknologi.

“Inovasi bisa dilakukan oleh semua sektor, terapkan tekhnologi maka akan terjadi efisiensi dan akan terjadi peningkatan produktifitas. Jika kedua hal ini dilakukan maka pasti daya saing usaha itu akan semakin baik,” terang Gubernur Rohidin

Ia menambahkan bahwa industry kelapa sawit merupakan salah satu komoditas utama di Provinsi Bengkulu dan sangat penting untuk mendongkrak perekonomian Bengkulu. Saat ini, peta perkebunan sawit Bengkulu sekitar 65 persen adalah perkebunan milik rakyat dan 35 perkebunan milik swasta.

Dirinya berharap adanya peran GAPKI untuk meningkatkan perkebunan rakyat dengan jalan plasma.

Sementara itu, Ketua Umum GAPKI Pusat Joko Supriyono mengharapkan pengurus GABKI Cabang Bengkulu yang baru terpilih ini dapat meningkatkan industri Kelapa Sawit khususnya di Provinsi Bengkulu ini.

Hal itu mengingat banyaknya tantangan yang dihadapai dalam meningkatkan industri Sawit. Pada tahun lalu ekspor Sawit mengalami penurunan dikarenakan adanya penurunan harga sawit dunia.

“Inilah pentingnya Sawit, sehingga pemerintah terus mendorong industri Sawit ini untuk mendongkrak ekonomi negara,” sampai Joko.

Menurutnya, industri Sawit saat ini mendapat tantangan dari rencana regulasi pelarangan Sawit di negara Eropa. Jika regulasi ini benar-benar diterapkan, jelasnya, dampaknya akan cukup mempengaruhi industri Kepala Sawit di Indonesia.

“Oleh karena itu, pemerintah sekarang menggalang kekuatan dan kekompakan bersama elemen masyarakat untuk menolak regulasi dari Negara Eropha tersebut,” sebut Joko.

Bengkulu, menurutnya memang bukan penghasil Kepala Sawit yang terbesar di Indonesia, tapi komoditas Sawit di Bengkulu merupakan komoditas utama. Sehingga dirinya juga berharap adanya kerjasama antar stakeholder dan pemerintah dalam meningkatkan produksi Kelapa Sawit ini.

KOMENTAR
Rating
Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Terkini
Kemenhub dan ITS Proyeksikan 200 Kapal Terbuat dar ...
18/04/2019 :: Jawa Timur - Kota Surabaya
Kabupaten Sinjai Sabet Penghargaan Daerah Inovasi ...
16/04/2019 :: Sulawesi Selatan - Kab Sinjai
Inovasi Kementerian PANRB Dapat Pujian Peserta Sid ...
15/04/2019 :: Dki Jakarta - Kota Jakarta Pusat
Pentingnya Inovasi dan Teknologi untuk Kemajuan In ...
11/04/2019 :: Bengkulu - Kab Bengkulu Selatan
Bappeda Perdalam Ilmu Iptek dan Lomba Inovasi Daer ...
10/04/2019 :: Lampung - Kab Way Kanan