BMKG Lampung dan BP4K Kota Metro Kerja Sama Adakan Sosialisasi Agroklimat

01 November 2015 | Lampung



METRO – Badan Metrologi Klimatologi dan Geofisika ( BMKG) Làmpung bekerja sama dengan Badan Peyuluhan Pertanian Perikanan dan Kehutanan (BP4K) Kota Metro, melaksanakan Sosialisasi Agroklimat tahun 2015, di Gedung Barakah Meeting Point Yosodadi, Metro Timur, Rabu (28/10).

Kegiatan tersebut dihadiri BMKG Pusat Dede Tarmana, Koordinator BMKG Lampung Nanang Purnadi, Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan BP4K Jodi Wilan, Kodim 0411 Lampung Tengah yang diwakili Kapten Herry, dan para penyuluh pertanian lapangan se-Kota Metro sebagai peserta.

Dalam laporannya, Ketua Pelaksana Rahmatulloh Adji, yang juga Kepala Stasiun Klimatologi Masgar Lampung mengatakan, kegiatan ini bertujuan sebagai upaya peningkatan pemahaman informasi Iklim guna mendukung dan menjembatani transfer pengetahuan dari para ahli dalam bidang klimatologi kepada level petani.

"Melalui sosialisasi ini diharapkan terjadi peningkatan pemahaman petani terhadap informasi iklim dan dampaknya pada kegiatan pertanian. Dengan begitu mereka dapat menentukan sikap serta mengambil keputusan yang tepat sebagai upaya adaptasi variabilitas iklim," ujar Rahmatulloh Adji.

Lebih lanjut, dijelaskan Adji, peserta sosialisasi agroklimat ini diikuti para penyuluh pertanian lapangan (PPL) se-Kota Metro, yang nantinya hasil dari sosialisasi itu akan disampaikan kepada para petani.

Sementara itu, Kabid Kelembagaan dan Ketenagaan BP4K Kota Metro Jodi Wilan, mewakili Kepala BP4K, dalam sambutannya menyambut positif dan mengapresiasi adanya sosialisasi agroklimat yang dilakukan BMKG Lampung. Kegiatan ini merupakan pembekalan terhadap penyuluh pertanian di Kota Metro, serta dapat memberi catatan baru tentang perkembangan tehnologi dan informasi BMG.

"Setidaknya ini mengingatkan kembali tentang tugas dan tanggung jawab penyuluh, yakni memberikan informasi dini melalui penyediaan data dan informatika dengan tingkat akurasi yang tin?gi dan tepat waktu, sehingga para petani di Kota Metro segera dapat mengantisipasi ataupun mencari solusi berkaitan dengan usaha taninya," ujar Jodi Wilan.

Sumber: InfoPublik.id
Foto: https://icmhd.files.wordpress.com/ 

Tags : belum ada tag


Terkini
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Magic Grill, Inovasi Khas Magelang
30 April 2019 :: Jawa Tengah

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.