Disdukcapi Kabupaten Agam Buka Layanan di Hari Libur

01 November 2015 | Sumatera Barat



AGAM – Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Disdukcapil) Kabupaten Agam terus bersinergi untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Caranya dengan memanfaatkan hari libur untuk melayani masyarakat hingga ke kecamatan.

Kepala Disdukcapil Kabupaten Agam Misran, Rabu (28/10), mengatakan, hal itu dilakukan supaya masyarakat yang jauh dari kantor Disdukcapil bisa terjangkau dalam pelayanan yang dilakukan pihaknya hingga ke kantor camat dari program UP3SK yang dibentuk. Dengan itu masyarakat juga hemat dalam biaya operasional menuju pelayanan.

"Program UP3SK itu dibentuk sejak Januari 2015 dan hingga saat ini program itu masih berjalan dengan lancer. Sudah banyak masyarakat terlayani dengan program tersebut," katanya.

Dikatakan Misran, pada umunya pelayanan UP3SK ini sudah masuk ke seluruh kecamatan yang ada di Kabupaten Agam. Tapi, yang sering meminta pelayanan ke kecamatan baru beberapa kecamatan, yaitu Kecamatan Palembayan, Mamalak, Banuhampu, Palupuah, Tanjung Mutiara, dan Canduang.

"Untuk program UP3SK dilakukan hari Sabtu dan Minggu, petugas yang bergerak sebanyak 12 hingga 14 orang. Jumlah itu sudah mencakup di semua bidang, sehingga dalam pengurusan dokumen bisa langsung siap di tempat," katanya.

Selain UP3SK untuk meningkatkan pelayanan pada masyarakat, juga mampu untuk melancarkan pelayanan di kantor Disdukcapil di Lubuk Basung maupun di Belakang Balok, Bukittinggi.

Hal itu karena keterbatasan tenaga pelayanan. Saat ini di kantor Disdukcapil di Lubuk Basung tenaga pelayanan sebanyak sepuluh orang, sedangkan masyarakat yang dilayani berdasarkan no entri rata-rata lebih dari 100, kalau berdasarkan layanan bisa mencapai 300. Sebab satu no entri bisa melayani masyarakat tiga hingga empat kali dalam sehari.

Selanjutnya tenaga pelayanan di Belakang Balok hanya sebanyak tujuh orang. Pelayanan yang dilakukan dibatasi hingga 100 no entri, karena mengingat kekurangan tenaga.

Maka dengan UP3SK inilah pelayanan di kantor Disdukcapil bisa lancar, sehingga personil pelayanan pun pulangnya tidak kemalaman.

Sumber: InfoPublik.id
Foto: http://www.glsciencesinc.com/  

Tags : belum ada tag


Terkini
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Magic Grill, Inovasi Khas Magelang
30 April 2019 :: Jawa Tengah

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.