Dua BUMN Siap Eksekusi Saham PT Freeport Indonesia

20 October 2015 |



JAKARTA – Dua perusahaan BUMN,  yakni PT Aneka Tambang  dan PT Inalum, siap untuk mengeksekusi 10,64 persen saham yang akan didivestasi PT Freeport Indonesia.

"Kami sudah siap, karena banyak yang mendukung. Kalau soal pendanaan, kami masih menunggu pernyataan resmi dari Kementerian Badan Usaha Milik Negara (BUMN), setelah itu kami siapkan skema pendanaannya," kata Direktur Keuangan PT Antam Teddy Badrujaman kepada media, Senin (19/10).

Ini merupakan terobosan dari  perusahaan BUMN. Saat ini kedua perusahaan tambang dan smelter ini tengah menunggu penugasan resmi dari pemerintah.

Jika penunjukan resmi dari pemerintah sudah keluar, Antam dan Inalum baru bisa mengambil sikap, termasuk membuat skema pendanaan untuk membeli 10,64 persen saham Freeport.

Menurut Teddy, bagi PT Antam  pembelian saham divestasi ini tak terlalu masalah karena memiliki gerak bisnis di sektor yang sama.

"Soal dana kami siap bekerjasama dengan Inalum. Yang pasti penunjukan ini merupakan tindak lanjut kerjasama Antam dengan Inalum," kata Teddy.

Manajer Hubungan Masyarakat Inalum Moranta Simanjuntak mengatakan hal yang senada, pihaknya menunggu pernyataan resmi pemerintah.

Meskipun divestasi ini sudah heboh, ternyata Freeport belum menyampaikan penawaran divestasi kepada pemerintah Indonesia.

"Belum ada penawaran divestasi, saya juga tak tahu kapan," kata Direktur Jenderal Mineral dan Batubara Kementerian ESDM Bambang Gatot Ariyono.

Berdasarkan Peraturan Pemerintah Nomor 77/2014 tentang Pelaksanaan Kegiatan Usaha Pertambangan Mineral dan Batubara, Freeport seharusnya mengajukan penawaran divestasi paling telat 14 Oktober 2015 atau tepat setahun setelah PP/77/2014 berlaku.

Riza Pratama, juru bicara Freeport Indonesia menegaskan, hingga kini Freeport belum memberikan penawaran saham kepada pemerintah Indonesia.

"Kami menunggu konstruksi hukum dan mekanisme yang jelas dari pemerintah," katanya.

Riza menyebut divestasi saham merupakan bagian dari enam isu yang dibicarakan antara Pemerintah Indonesia dengan PT Freeport Indonesia dalam perundingan perubahan kontrak karya.

Sumber: infopublik.id





Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.