Gubernur Jateng: Inovasi Pelayanan Publik Harus Ramah Kearifan Lokal

13 December 2018 | Jawa Tengah



Indonesiaberinovasi.com, SEMARANG - Inovasi pelayanan publik menjadi sebuah trend diantara para Pemerintah Daerah. Berbagai Pemerintah Daerah berlomba-lomba membuat berbagai inovasi publik untuk mempermudah masyarakat, tetapi yang perlu diperhatikan adalah inovasi harus melihat kearifan lokal setempat.

Hal ini disampaikan oleh Gubernur Jawa Tengah (Jateng), Ganjar Pranowo di Auditorium Sasana Widya Praja BPSDMD Jateng, Rabu (12/12). Menurut Ganjar, sebaik apa pun platform yang dibuat, jika tidak bisa bermanfaat dengan kondisi masyarakat setempat maka akan menjadi sia-sia.

"Kearifan lokal harus benar-benar diperhatikan dalam pembuatan inovasi pelayanan publik. Sebab saat orang berlomba-lomba membicarakan teknologi, pertanyaannya adalah sampai kepada masyarakat atau tidak," kata Ganjar.

Dalam inovasi teknoologi memang diperlukan, namun harus betul-betul melihat kebutuhan masyarakat. Mempertemukan pilihan teknologi dan kearifan lokal akan membuat inovasi berfungsi dengan baik. Inovasi yang dibuat akan memberikan solusi atas permasalahan dimasyarakat. 

Misalnya persoalan sampah, harus ada inovasi pelayanan kepada masyarakat, cara buang sampah yang benar seperti apa, pengelolaannya seperti apa, cara pemilahannya seperti apa dan sebagainya," ungkap Alumni Universitas Gadjah Mada ini.

 

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.