Inovasi Pengurangan Plastik, Bagaimana Indonesia?

12 March 2019 | Dki Jakarta



Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Plastik merupakan salah satu masalah yang cukup pelik di berbagai negara, tak terkecuali Indonesia. Satu sisi plastik berguna bagi kehidupan sehari-hari, tapi disatu sisi sampah plastik memberikan efek buruk yang tidak kecil bagi lingkungan. Masalah plastik ini Pemerintah Pusat, Daerah hingga lembaga swasta tengah berupaya untuk mengurangi volume sampah plastik nasional.

Diawal tahun 2019, provinsi Jakarta, Jawa Barat, Jawa Timur dan daerah lainnya telah melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai. Salah satu program yang sedang dirancang adalah dari Kota Bandung. Pemerintah Kota Bandung menargetkan dalam waktu dua tahun, akan mengurangi 50 persen sampah plastik di Kota Bandung dengan program Kang Pisman (kurangi, pisahkan, manfaatkan). Fokus dari program ini adalah agar sampah habis di kewilayahan.

Selain itu perlu bagi untuk melihat negara-negara lain dalam pengelolaan sampahnya. diantaranya,

1. Melarang kantong sekali pakai

Pemerintah Korea Selatan pada tahun ini melarang penggunaan kantong plastik sekali pakai kepada 2.000 supermarket besar dan 11.000 toko. Selain itu, diterapkan aturan secara serius dengan memberlakukan denda hingga 3 juta won atau hampir 38 juta Rupiah jika ketahuan melanggar.

2. Bahan pembuatan Aspal

Australia memanfaatkan sampah plastik menjadi bahan pembuatan aspal jalan raya. Komposisi 173.000 kantong plastik dan 82.500 botol plastik sekali pakai mampu membangun jalan sepanjang 500 meter.

3. Bebas plastik untuk perusahaan aviasi

Salah satu maskapai Portugal, HiFly Airlines menerapkan kebijakan peniadaan plastik sekali pakai dalam penerbangan. Melalui kebijakan tersebut pihak penerbangan mengklaim bahwa mampu mengurangi sampah plastik hingga 350 kilogram. Gantinya mereka menggunakan bahan bambu, kertas dan bahan lain yang mampu didaur ulang.

foto: istimewa

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.