Inovasi Sektor Publik OECD, Kementerian PANRB Dukung Deklarasi

31 May 2019 | Dki Jakarta



Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (PANRB) ikut dalam deklarasi Public Sector Innovation yang diselenggarakan oleh Organization for Economic Coperation and Development (OECD) di Paris, Prancis, Rabu (22/5/2019).

Dalam deklarasi tersebut bertujuan mengajak dan meningkatkan inovasi di sektor publik, baik berupa fasilitas untuk pegawai dalam berinovasi, menumbuhkan kemitraan, mendukung eksplorasi, literasi, dan pengujian berbagai inovasi yang telah dikembangkan.

Dalam deklarasi dari pihak Indonesia dihadiri oleh Diah Natalisa, Deputi Bidang Pelayanan Publik Kementerian PANRB. Pada deklarasi tersebut Diah mempresentasikan bahwa Indonesia memiliki 3 (tiga) kebijakan khusus dalam pengembangan inovasi sektor publik.

Pertama, usulan inovasi dari setiap penyelenggara pelayanan publik akan didata oleh pemerintah dan datanya akan digunakan pemerintah daerah lain untuk transfer pengetahuan ke instansi pemerintah.

Kedua, kompetisi untuk inovasi sektor publik yang disesuaikan dengan tujuan Pembangunan Berkelanjutan atau Sustainable Development Goals (SDG's) dan memberikan insentif untuk terus berinovasi para pemangku sektor publik.

Ketiga, mempetahankan budaya inovasi yang harus terus tumbuh walau kepemimpinan berubah. Melalui ketiga kebijakan tersebut Indonesia mampu memberikan inovasi-inovasi yang menyelesaikan berbagai permasalahan di sektor publik.

foto: istimewa

Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.