Integrasi Pelayanan Desa Melalui Pariri Si Desa

12 December 2018 | Nusa Tenggara Barat



Indonesiaberinovasi, Sumbawa - Desa lekat dengan berbagai pelayanan publik yang kurang memuaskan dan tidak terlayani dengan baik, namum hal ini ditampiknya oleh salah satu kecamatan di Nusa Tenggara Barat. Kecamatan Lantung, Kabupaten Sumbawa membuat inovasi untuk pelayanan yang terintegrasi di desa-desa yang berada di Kecamatan Lantung.

Konsepnya adalah dalam satu hari dalam seminggu aparatur desa bekerja sama dengan pihak kecamatan melayani berbagai keluhan masyarakat secara terintegrasi.

"Artinya, dalam satu hari pelayanan tersebut, pemerintah kecamatan bersama pemerintah desa dan stakeholder lainnya secara terintegrasi memberikan pelayanan atas berbagai kesulitan yang dihadapi masyarakat," Ungkap Camat Lantung, Iwan Sofiyan.

Berbagai pelayanan diantaranya kesehatan, keluarga berencana, lingkungan hingga pariwisata diberikan kepada masyarakat.

Tujuan adanya inovasi ini adalah mengubah persepsi masyarakat bahwa pelayanan publik adalah suatu yang sulit dan tidak dekat dengan masyarakat. Adanya program ini mengubah persepsi bahwa pelayanan dapat dilakukan secara berkala dan menyelesaikan berbagai persoalan administrasi atau non administrasi yang dibutuhkan oleh masyarakat desa.

Program ini telah berjalan sejak November 2016 dan telah direplikasi dan diterapkan di 7 (tujuh) kecamatan yang berbeda di Kabupaten Sumbawa.

Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.