Kelola Sampah, Ini 4 Inovasi Buatan Indonesia

07 June 2019 | Dki Jakarta



Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Sampah tanah air yang dihasilkan mencapai 67 Ton. Sampah ini didominasi oleh sampah organik mencapai 60 persen dan sampah plastik 15 persen. Sampah plastik yang mencapai 15 persen atau setara dengan 10,05 juta ton menjadi perhatian serius. Hal ini didukung oleh studi yang dilakukan oleh McKinsey&Co dan Ocean Conservacy, Indonesia merupakan penyumbang tersebesar ke-2 untuk sampah plastik setelah Tiongkok.

Dalam menyelesaikan permasalahan ini, ada beberapa program dalam menyelesaikan sampah-sampah di Indonesia. Program ini dijalankan start up yang dilakukan masyarakat Indonesia, diantaranya:

1. Mallsampah

Start up asal Makasar, Sulawesi Selatan ini sudah menjadi PT (Perseroan Terbatas) sejak tahun 2015. Bisnis model yang dikembangkan menjaring berbagai tempat penghasil sampah, seperti rumah, kantor dan sekolah. Seluruh sampahnya akan diperjualbelikan kepada pemulung dan pengepul.

2. Dispenser Mas Eco

Model bisnis yang dikembangkan berupa smart dispenser, setiap orang dapat membeli air dengan uang elektronik tanpa menghasilkan limbah plastik. Inovasi ini dikembangkan oleh Dede Nurdiansyah, alumnus Institut Sains dan Teknologi Nasional (ISTN), Jakarta. Penggunaan Dispenser Mas Eco direncakan akan ditempatkan di daerah keramaian agar dapat diakses masyarakat.

3. Gringgo

Start up ini berbasis web dan mobile, tujuannya adalah menghubungkan petugas sampah dengan rumah-rumah yang ingin membuang sampahnya. Ada insentif bagi seluruh pihak yang terkait diantaranya, penghasil sampah, pengumpul sampah dan pendaur ulang sampah. Ide start up ini didirikan sejak 2014 di Bali.

4. Angkuts

Sistem yang dibangun oleh start up asal pontianak ini adalah pemilik sampah akan dihargai dengan saldo tabungan di aplikasi android angkuts. Sampah yang diangkut pun beragam, mulai dari sampah perumahan, restoran, hotel, kantor, hingga kos-kosan.

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.