KKP Mampu Tingkatkan Produksi Perikanan Budi daya Hingga Empat Persen

30 October 2015 |



JAKARTA – Direktorat Jenderal Perikanan Budi Daya (DJPB) Kementerian Kelautan dan Perikanan mengklaim, kinerja kementeriannya selama setahun ini mampu meningkatkan produksi perikanan hingga empat persen dibanding periode yang sama pada 2014.

"Hal ini dibuktikan dengan capaian produksi perikanan budi daya triwulan ketiga 2015 yang mencapai 10,07 juta ton atau naik empat persen dibandingkan periode yang sama tahun 2014, sebesar 9,68 juta ton. Meski demikian, jika dilihat dari target tahun ini sebesar 17,9 juta ton, realisasi hingga triwulan ketiga tersebut baru mencapai 56,24 persen," kata Dirjen Perikanan Budidaya KKP, Slamet Subiyakto, di Jakarta, Rabu (28/10).

Slamet mengatakan, dalam rinciannya, pencapaian produksi perikanan budi daya triwulan ketiga 2015 tersebut meliputi udang 3,2 persen, rumput laut 73,7 persen dan fin fish 23,04 persen.

"Sementara untuk semester dua diduga hasil produksi terganggu akibat kemarau panjang yang melanda sebagian besar para petambak di daerah," katanya.

Slamet menambahkan, sepanjang tahun ini pemerintah terus mendorong pengembangan dan pembangunan infrastruktur perikanan budi daya. Hal ini dilakukan untuk mendukung pencapaian peningkatan produksi sekaligus memberikan peningkatan kesejahteraan kepada pembudi daya dan masyarakat.

Kerja sama antara Kementerian Kelautan dan Perikanan (KKP) dengan Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (Kemen PU Pera) untuk membangun saluran air di tambak dan juga jalan produksi, merupakan bagian dari sinergi yang dilakukan untuk meningkatkan produktivitas lahan dan sekaligus mengembangkan perekonomian daerah.

Kerja sama ini juga akan mendorong munculnya kemandirian kawasan budi daya yang merupakan salah satu dari empat kemandirian yang akan dicapai. Tiga kemandirian yang lain adalah kemandirian sarana produksi, kemandirian kelompok pembudi daya dan kemandirian usaha budi daya.

"Dengan kemandirian tersebut, diharapkan akan mampu meningkatkan daya saing produk perikanan budi daya dan menjadi pemain yang kuat di pasar regional dan global," ujarnya.

Sumber: InfoPublik.id
Foto: http://kkpnews.kkp.go.id/

Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.