KPP Pratama Payakumbuh Sosialisasi Pungutan Pajak Atas Dana Desa yang Sudah Dicairkan

01 November 2015 | Sumatera Barat



BATUSANGKAR – Kantor Pelayanan Pajak Pratama Payakumbuh melakukan sosialisasi kewajiban memungut pajak atas dana desa yang dikucurkan pemerintah pusat kepada para wali nagari dan bendahara se-Kabupaten Tanah Datar.

“Sebelum membayarkan sesuatu kepada pihak ketiga, dalam hal ini rekanan, dalam melaksanakan program bantuan dana desa agar dihitung terlebih dahulu pajaknya dan dipotong langsung untuk disetor ke negara," kata Kepala Kantor Pelayanan Pajak (KPP) Pratama Payakumbuh Suprato di Batusangkar, Sumatera Barat, Selasa (27/10).

Ia menyebut selama ini masih banyak daerah lain yang terkendala masalah pajak di akhir tahun anggaran atau setelah penyelesaian dengan pihak ketiga (rekanan).

Suprato mengapresiasi Pemerintah Kabupaten Tanah Datar yang begitu memerhatikan persoalan pajak ini, sehingga di akhir tahun tidak mengalami kesalahan memungut pajak.

Sementara itu, Penjabat Bupati Tanah Datar Sudirman Gani mengatakan, sosialisasi yang dilaksanakan ini diharapkan dapat diikuti dengan baik dan dapat dipahami agar nantinya tidak terjerat dengan masalah hukum.

"Diharapkan pada akhir bulan Desember telah terlaksana dengan baik dan jangan ada pajak yang tertunggak," katanya. Ia mengimbau kepada seluruh wali nagari untuk berhati-hati dalam pencairan dana desa, termasuk memungut pajaknya.

“Pelaksanaan bantuan dana desa harus direncanakan dan dilaksanakan sesuai aturan yang berlaku. Jangan sampai terlupa memungut pajak pada program yang dilaksanakan itu,” kata Sudirman.

Sumber: InfoPublik.id
Foto: https://www.cmtc.org/ 

Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.