KUD Didorong Menjadi Distributor Pupuk

25 March 2015 | Kalimantan Selatan



Kepala Dinas Koperasi Kalimantan Selatan Bambang Supriadi mengatakan kini pihaknya sedang mendorong agar koperasi unit desa di daerah ini bisa menjadi distributor pupuk sebagai upaya membantu petani dalam meningkatkan produksi pangan.

Menurut Bambang di Banjarmasin, Senin, melalui Koperasi Unit Desa (KUD) tersebut, pemerintah berharap bisa membantu petani dalam mengatasi berbagai kesulitan untuk meningkatkan produksi pangan, antara lain kesulitan untuk mendapaktan pupuk dengan lebih mudah dan murah.

“Kita ingin mengembalikan kejayaan masa lalu, di mana KUD bisa berperan aktif membantu masyarakat, terutama untuk mendukung program pertanian dan tanaman pangan,’’ katanya.

Menurut Bambang, upaya tersebut, tidak berarti pemerintah ingin mengulang sejarah masa lalu, tetapi tidak salah bila hal-hal yang baik dan bermanfaat bagi masyarakat, kembali dihidupkan dan didorong kembali peran sertanya.

Salah satunya adalah, dengan memanfaatkan KUD sebagai distributor pupuk bagi petani, dengan harapan para petani bisa mendapatkan pupuk dengan mudah, bahkan bisa meminjam ke KUD dengan pinjaman lunak, dan tanpa dikenakan bunga yang tinggi.

Melaksanakan hal tersebut, kata dia, perlu didukung dengan regulasi serta aturan yang jelas dari pemerintah, shingga KUD tidak kalah bersaing dengan distributor pupuk swasta, yang memiliki modal jauh lebih besar.

Keinginan agar KUD menjadi distributor pupuk tersebut, sebagaimana program kementerian koperasi untuk mendukung percepatan produksi pangan untuk ketahanan dan swasembada pangan nasional.

“Pelaksanaan program ini, perlu didukung dengan regulasi dan kerjasama dari seluruh kementerian terkait, sehingga program yang terkait bisa berjalan beriringan,’’ katanya.

Saat ini, tambah dia, pihaknya sedang melakukan pembenahan terhadap seluruh KUD yang aktif, baik secara administrasi maupun kelembagaan, sehingga bila program tersebut benar-benar dilaksanakan, seluruh KUD yang ditunjuk sudah siap.

Bukan hanya sebagai distributor pupuk, KUD diharapkan juga mampu menjadi distributor beras, terutama KUD yang telah menjalankan program resi gudang, seperti KUD di Kabupaten Barito KUala.

“Saya harap KUD yang telah melaksanakan resi gudang, bisa sekaligus menjadi distributor beras, dengan memperbaiki kualitas beras dan kemasan,’’ katanya.

Sehingga, kata dia, melalui peningkatan kualitas beras dan kemasan tersebut, diharapkan juga akan meningkatkan nilai tambah bagi seluruh peserta.

“Sehingga pada akhirnya, kualitas beras Kalsel bisa bersaing dengan beras produk dari daerah lain, yang kini juga telah membanjiri pasar dan supermarket di daerah ini,’’ katanya.

Beberapa usaha KUD yang telah berjalan, antara lain adalah KUD pertanian, pertambangan, perkebunan kelapa sawit serta KUD untuk usaha mikro kecil dan menengah.

Sumber: www.kalimantanpost.com
Foto: www.kalimantanpost.com

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.