Menuju Industri 4.0 Pemerintah Petakan Lima Sektor Prioritas

28 February 2019 | Dki Jakarta



Indonesiaberinovasi.com, JAKARTA - Melalui "Making Indonesia 4.0" kini pemerintah tengah bersiap untuk Indonesia siap berbagai jenis industri 4.0. Adanya persiapan ini pemerintah telah menetapkan 5 sektor prioritas untuk Industri 4.0, diantaranya makanan&minuman, tekstil & pakaian, otomotif, kimia dan elektronika.

"Sektor-sektor ini dipilih menjadi fokus setelah melalui evaluasi dampak ekonomi dan kriteria kelayakan implementasi yang mencakup ukuran PDB, perdagangan, potensi dampak terhadap industri lain, besaran investasi, dan kecepatan penetrasi pasar,” ungkap Dirjen Informasi dan Komunikasi Publik Kementerian Komunikasi dan Informatika, Rosarita Niken Widiastuti.

"Makin Indonesia 4.0" diharapkan dapat menyumbang pertumbuhan PDB rill hingga 1-2 persen pertahun, sehingga target pertumbuhan ekonomi Indonesia antara 6-7 persen pertahun akan terealisasi.

Melalui pemetaan ini diharapkan industri 4.0 akan banyak membantu untuk kebutuhan ekspor Indonesia, karena tahun 2030 diperkirakan 5-10 persen rasio ekspor netto terhadap PDB akan tercapai.

 

foto: istimewa

Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.