Pemprov Jateng: 10 Rumah Sakit Siap untuk Rujukan Virus Corona

31 January 2020 | Jawa Tengah



Indonesiaberinovasi.com, SEMARANG - emerintah Provinsi Jawa Tengah telah menyiapkan 10 rumah sakit rujukan untuk pasien Virus Corona atau Wuhan Pneumonia. Menurut Kepala Dinas Kesehatan Jawa Tengah Yulianto Prabowo, 10 rumah sakit sebagai rujukan kasus virus corona antara lain, RSUP Dr Kariadi di Kota Semarang, RSUD Dr Moewardi Solo, RSUD Kardinah Kota Tegal, RSUD Prof Dr Margono Soekarjo Purwokerto, RSUP dr Soeradji Tirtonegoro Klaten, RSU Tidar Kota Magelang dan RSUD dr Loekmono Hadi Kudus. 

"Seluruh rumah sakit kelas B di Jawa Tengah kami siapkan sebagai tempat rujukan. Namun secara khusus kami sudah menyiapkan 10 rumah sakit rujukan yang tersebar di beberapa kabupaten dan kota di Jateng untuk pasien terjangkit virus corona," katanya saat jumpa pers di Gedung A lantai 1 Kantor Gubernur Jateng, Rabu (29/1/2020).

Berbagai upaya dilakukan untuk mencegah penyebaran virus yang memiliki kesamaan dengan virus SARS dan MERS ini, di antaranya deteksi dini dan respon cepat di pintu masuk negara, meliputi pelabuhan, bandar udara, dan Pos Lintas Batas Darat Negara (PLBDN). Termasuk di Jawa Tengah di Pelabuhan Tanjung Emas, Bandar Udara Ahmad Yani Semarang dan Bandar Udara Adi Soemarmo Solo.

Walau sampai sekarang Jawa Tengah aman dari virus corona seluruh daerah selalu meningkatkan kewaspadaan. Setiap menemukan pasien yang mengalami gejala influenza harus dilaporkan dan penanganan lebih lanjut. 

Terkait tiga warga Jateng yang diduga terpapar virus corona, yakni satu pasien suspect virus corona yang dirawat di RSUD Kariadi, secara klinis dinyatakan negatif virus corona.

"Hingga sampai saat ini tidak ada yang positif virus corona di Jawa Tengah. Pasien di Kariadi memang ada riwayat dari Tiongkok, tetapi secara klinis kondisinya baik tidak ada panas dan sebagainya," katanya.

Walau tiga orang di Jawa Tengah  dipastikan tidak terinfeksi virus corona, Gubernur Jawa Tengah Ganjar Pranowo meminta masyarakat tidak panik. Ganjar juga meminta masyarakat untuk rajin mencuci tangan dengan sabun, terlebih setelah berada di fasilitas umum. 

 

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.