PPID Pembantu Kabupaten Kulonprogo Raih Peringkat Pertama Pemeringkatan Badan Publik

01 November 2015 | Di Yogyakarta



WATES – Keterbukaan informasi publik yang dilakukan oleh pejabat pengelola informasi dan dokumentasi (PPID) pembantu Kecamatan Nanggulan, Kulonprogo, mampu mengantarkannya meraih peringkat pertama dalam Pemeringkatan Badan Publik kategori SKPD Kabupaten/Kota oleh Komisi Informasi DIY.

Selain Kecamatan Nanggulan, Badan Publik Sekretariat Daerah Kabupaten Kulonprogo meraih peringkat ketiga sedangkan Dinas Kesehatan Kulonprogo urutan keempat.

Penghargaan diserahkan langsung oleh Gubernur DIY Sri Sultan Hamengku Buwono X di Hotel Royal Ambarukmo, Yogyakarta, Kamis (29/10), disaksikan Ketua Komisi Informasi Pusat Abdulhamid Dipopramono dan Ketua KIP DIY Dewi Amanatun Suryani.

Gubernur DIY mengatakan, adanya keterbukaan informasi publik merupakan salah satu kunci untuk mewujudkan good governance yang direpresentasikan melalui semangat transparansi. Karena, keterbukaan merupakan tuntutan zaman.

“Keterbukaan informasi juga merupakan kebutgada rintisan dengan adanya lembaga Ombudsman baik swasta maupun pemerintah,” katanya.

Sementara Ketua Komisi Informasi DIY Dewi Amanatun Suryani mengatakan, pemeringkatan kepada seluruh badan publik di DIY diawali dengan tahapan self assessment, dilanjutkan verifikasi pada website dan visitasi.

Kabag TI Humas selaku PPID Kabupaten Kulonprogo Rudy Widiyatmoko mengatakan, keberhasilan PPID Pembantu ini berkat usaha bersama pejabat setempat, terutama dalam memberikan motivasi melalui koordinasi PPID Pembantu di masing-masing SKPD yang digelar rutin oleh PPID, serta Komisi Informasi DIY.

Hasil pemeringkatan selengkapnya adalah untuk kategori SKPD Pemda DIY peringkat pertama DPPKA, Dishubkominfo dan Dinas Kebudayaan. Kategori BUMD adalah Bank Jogja disusul PDAM Yogya dan PT AMI. Untuk partai politik PDIP, PKS dan PAN.

Kategori SKPD Kabupaten/Kota peringkat sesuai urutan Kecamatan Nanggulan, BKD Gunungkidul, Setda Kulonprogo, Dinkes Kulonprogo dan Dinas Pendidikan Kota Yogyakarta.

Sumber: InfoPublik.id

Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.