PT Jamkrida Resmi Beroperasi Akhir Agustus 2015

31 August 2015 | Dki Jakarta



JAKARTA – Gubernur DKI Jakarta Basuki Tjahaja Purnama meresmikan beroperasinya Penjamin Kredit Daerah Jakarta (PT Jamkrida) di Balai Agung, Balaikota DKI Jakarta, Jumat (28/8).

“Kami berharap kegiatan usaha PT Jamkrida Jakarta dapat berjalan dengan baik, dan memberikan manfaat yang banyak kepada usaha mikro, kecil, menengah dan koperasi (UMKMK) dan bangsa kita,” kata Basuki pada acara peresmian tersebut.

Direktur Utama Jamkrida Jakarta, Chusnul Ma’arif, mengatakan, Jamkrida Jakarta  beroperasi secara resmi mulai 28 Agustus 2015 ini. Dengan modal dasar sebesar Rp400 miliar dan modal setor sebesar Rp100 miliar, kepemilikan saham mayoritas sekaigus pengendali sebesar 95 persen adalah Pemprov DKI Jakarta, dan sisanya sebesar lima persen adalah PD Pasar Jaya.

“Dengan modal tersebut, PT Jamkrida Jakarta dapat menjamin kredit atau pembiayaan maksimal sebesar Rp 1 triliun untuk bisnis UMKMK produktif,” kata Chusnul.

Menurut Chusnul, jumlah penjaminan UMKMK tersebut masih sangat kecil apabila dibandingkan dengan potensi bisnis dan perkreditan yang disalurkan perbankan maupun lembaga keuangan bukan bank di Provinsi DKI Jakarta.

“Oleh karena itu, keseriusan Pemprov DKI Jakarta dalam penambahan dan peningkatan modal dasar dan modal setor bagi PT Jamkrida Jakarta sangat diperlukan dalam upaya meningkatkan cover penjaminan kredit atau pembiayaan UMKMK di masa mendatang,”  tegas Chusnul.

Bidang usaha PT Jamkrida Jakarta meliputi penjaminan kredit (bank maupun nonbank), penjamin gadai dan fidusia, penjamin atas surat utang, penjamin transaksi dagang, penjamin pengadaan barang dan jasa, penjamin bank garansi, penjamin surat berdokumen dalam negeri, penjamin letter of credit, penjamin kepabeanan, jasa konsultasi manajemen terkait dengan usaha penjaminan, serta penjamin lainnya setelah memperoleh persetujuan menteri.

Sumber: infopublik.id






Tags : belum ada tag

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.