Punya Inovasi Klinik Pesawat, Kabupaten Situbondo Berharap Mampu Menyelesaikan Masalah di Desa

30 January 2020 | Jawa Timur



Indonesiaberinovasi.com, SITUBONDO – Dinas Pemberdayaan Masyarakat dan Desa (DPMD Situbondo) meluncurkan sebuah inovasi Klinik Desa yang bernama Klinik Pesawat. Dalam pengoperasiannya inovasi tersebut akan menangani dan menyelesaikan permasalahan-permasalahan yang terjadi di desa.

Klinik Pesawat mampu mendeteksi penyakit atau permasalahan di 132 desa di Kabupaten Situbondo. Dalam klinik tersebut akan ditangani oleh petugas yang kompeten di bidangnya dan melibatkan pendamping desa mulai dari perencanaan, penganggaran, pelaksanaan hingga pertanggung jawaban.

Kadis DPMD Situbondo, Lutfi Joko Prihatin mengatakan bahwa penguatan kapasitas pemerintah desa juga menjadi titik focus pelaksanaan klinik. Bagaimanapun kapasitas di internal pemerintah desa adalah salah satu kunci keberhasilan pemerintah desa.

“Permasalah di desa ada berbagai macam. Dengan adanya klinik desa diharapkan bisa membantu memberikan solusi untuk menyelesaikannya,” jelas Lutfi.

Nantinya dalam Klinik Pesawat, Aparatur Desa dapat melakukan konsultasi berkaitan dengan pemerintahan dan pembangunan desa. 

Dalam prakteknya, Aparatur Desa tidak perlu ke Kabupaten cukup ke Klinik Desa yang akan ditempatkan di 3 zona yang berada di wilayah kecamatan Timur, Tengah dan Barat.

 

foto: istimewa

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.