SAMSAT Delivery, Inovasi Layanan Pajak dari NTB

26 December 2018 | Nusa Tenggara Barat



Indonesiaberinovasi.com, LOMBOK - Pajak sebagai instrumen pendapatan daerah perlu digerakan lebih kuat untuk meningkatkan Pendapatan Asli Daerah (PAD). Untuk meningkatkan pendapatan daerah perlu ada berbagai inovasi untuk kemudahan bagi masyarakat untuk membayarnya. Salah satu inovasi dalam pembayaran dan pengurusan pajak kendaraan bermotor adalah SAMSAT Delivery dari Nusa Tenggara Barat (NTB).

Masyarakat NTB tidak perlu lagi datang ke SAMSAT hanya untuk membayar pajak dan verifikasi (kepemilikan) kendaraan bermotor. Cukup mengunduh aplikasi melalui Apps Store (Apple) atau Play Store (Android) masyarakat dapat membayar pajak secara online.

Menurut AKBP Amin Litarso Dirlantas Polda NTB, masyarakat yang baru ingat untuk membayar pajak padahal posisi tidak sedang di SAMSAT dapat langsung order untuk bayar pajak melalui SAMSAT Delivery. Setelah diorder petugas akan membawa notice pajaknya, sehingga sistemnya semudah membeli pulsa.

Selain itu menurut H Iswandi Kepala Badan Pengelolaan Pendapatan Daerah (Bappeda) NTB, terobosan ini bagian dari upaya untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. Hal ini mengingkat Target PAD untuk pajak kendaraan bermotor mencapai Rp403 Miliar dan meningkat sekitar Rp40 Miliar dari tahun 2018.

Adanya SAMSAT Delivery juga merupakan sebuah jawaban atas tantangan Industry 4.0 yang telah berkembang diberbagai lini sektor.

Aplikasi SAMSAT Delivery telah diluncurkan pada hari Minggu (23/12) di kawasan wisata pantai Kuta, The Mandalika, Lombok Tengah. Hadir Direktur Lalu Lintas Polda NTB, AKBP Amin Litarso, Kepala Cabang Jasa Raharja NTB, Amiruddin Zein dan Kepala Bappenda NTB, Ir H Iswandi.

 

foto: istimewa

Tags : belum ada tag

ARTIKEL TERKAIT





KOMENTAR

Rating

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.