Sleman Siap Jadi Percontohan Sistem “Corporate Farming”

01 November 2015 | Di Yogyakarta



SLEMAN – Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Sleman bekerja sama dengan masyarakat Desa Sumberharjo, Kecamatan Prambanan, Sleman, siap melaksanakan penanaman padi dengan sistem “corporate farming” atau penanaman padi yang lahannya tanpa galengan seluas 50 hektare.

Sleman memang menjadi percontohan penanaman padi sistem corporate farming atau menanam padi dalam satu lahan yang luas tidak ada galengannya seluas 50 hektare.

“Untuk kegiatan ini telah mendapatkan bantuan peralatan pertanian dari Kementerian Pertanian,” kata Kepala Dinas Pertanian, Perikanan dan Kehutanan Kabupaten Sleman Widi Sutikno kepada wartawan di Press Room Pemkab Sleman, Selasa (27/10).

Menurut Widi, sawah yang ada galenganya secara teknis mengurangi luas lahan. Karena itu dengan sistem corporate farming ini luas lahan semakin banyak dan diperkirakan hasilnya juga semakin baik. Untuk sistem ini akan segera dilaksanakan untuk masa penanaman bulan Oktober sampai Maret.

“Sekarang ini kami terus melakukan koordinasi dengan kecamatan dan desa untuk merumuskan manajemen pelaksanaannya sehingga pengelolaannya nanti tidak menimbulkan masalah di antara para petani yang lahannya digunakan untuk menanam padi,” kata Widi.

Masalah ini memang perlu manajemen dan penanganan yang baik sebab menyangkut kepemilikan lahan petani. Karena itu pengelolaannya nanti akan diserahkan kepada kelompok tani di Prambanan.

Untuk bantuan peralatan dari Kementerian Pertanian yang diterima berupa tiga traktor roda empat, lima traktor tangan, lima pompa air dan tiga alat tanam.

“Dengan peralatan tersebut pengerjaan lahannya akan lebih mudah, termasuk penanamannya. Jika di Prambanan sistem ini berhasil, tidak menutup kemungkinan sistem yang sama akan dikembangkan di daerah lain di Sleman,” ujar Widi.

Ditambahkan Widi, di Sleman para petaninya sudah terbiasa menanam padi dengan baik, sehingga dengan areal yang luas dan dikelola dengan baik akan tetap membuat Sleman surplus padi.

Pada saat ini luas pertanian di Sleman mencapai 49.195 hektare dengan produktivitasnya mencapai 64,25 Kwr per hektare sehingga total produksinya mencapai 317.943 ton gabah kering giling. Setelah dikurangi untuk konsumsi, tercatat ada surplus 108.433 ton beras.

Sumber: InfoPublik.id
Foto: http://www.bekasiurbancity.com/ 

Tags : belum ada tag


Terkini
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Pustaka Digital Inovasi Literasi untuk Daerah 3T
07 May 2019 :: Kalimantan Utara
Magic Grill, Inovasi Khas Magelang
30 April 2019 :: Jawa Tengah

TERPOPULER

Kabar terpopuler seputar inovasi yang dilakukan oleh Pemerintah dari berbagai macam sektor.